Iljimae

Written by Yui Shinji 0 comments Posted in:


Film ini bercerita tentang Iljimae, seorang pencuri misterius yang selalu mengenakan pakaian hitam yang mencuri dari pemerintah korup dan memberikannya kepada orang-orang miskin. Di awal cerita menceritakan tentang Iljimae yang membayangkan masa lalunya yang suram.

Lee Won Ho merupakan orang kepercayaan raja (sekaligus adik kandung raja) dan merupakan anggota pusat dari organisasi rahasia, Hanowheh, dengan raja sebagai pemimpin utama. Ramalan dari seorang peramal buta mengatakan kalau Lee Won Ho akan menjadi raja suatu hari nanti (menjadi matahari dan didukung oleh masyarakat). Ia kemudian membunuh peramal buta itu dan mengutus orang untuk membunuh keluarga si peramal.

Karena takut kehilangan tahta, Raja menfitnah Lee Won Ho dengan memaksa Swe Dol dan Ja Dol untuk menguburkan surat dibawah rumah keluarga Lee Yun Ho. Surat itu berisikan keterangan pemberontakan terhadap Raja dan menyatakan bahwa Lee Won Ho-lah pemimpin dari pemberontakan itu.
Suatu malam, Lee Won Ho merasakan bahwa ada orang yang datang ke rumahnya. Karena itu, dia menyembunyikan Lee Geom, putranya, di dalam lemari dan mengatakan pada Geom, bahwa dia harus hidup bagaimanapun caranya demi Lee Won Ho. Dari balik lemari, Geom melihat ayahnya dibunuh. Namun Geom tidak bisa melihat siapa orang yang membunuh ayahnya melainkan hanya bisa melihat pedang sang pembunuh saja. Di pedang itu terukir suatu tanda. Geom mengingat tanda itu.
Geom kemudian diselamatkan oleh seorang pencuri, Swe Dol, dan istrinya, Dan-ee, yang juga merupakan mantan pembantu Lee Won Ho dan mempunyai anak darinya, yaitu Ja Dol/Shi Hoo. Dengan diam-diam, Geom pergi dari rumah pencuri dan bertemu dengan Bong Soon dan kakaknya. Demi membeli obat untuk Geom yang sedang sakit, kakak Bong Soon menjual perhiasan milik Geom yang diberikan oleh ayahnya. Salah seorang prajurit raja, Kong He dan Chun, melihat perhiasan itu dan mengira kakak Bong Soon adalah Geom. Kakak Bong Soon kemudian dibunuh. Kong He merasa bersalah karena ia telah membunuh orang-orang yang tidak berdosa dan kemudian bertobat. Ia merawat dan membesarkan Bong Soon.

Geom berjalan tanpa tujuan. Ia kemudian bertemu dengan ibunya yang ditangkap. Untuk menyelamatkan Geom, ibu Geom tidak mengakui Geom sebagai anaknya dan Geom terpaksa melempar ibunya dengan batu agar para prajurit tidak tahu bahwa Geom adalah anaknya. Scene yang sedih banget! Karena shock dan stress yang sangat berat, Geom kehilangan ingatannya. Ia kemudian dirawat oleh Swe Dol dan Dan-ee dan diberi nama Ryung (Yong-ee).

Ryung dirawat hingga dewasa dan menganggap Swe Dol dan Dan-ee sebagai orang tuanya. Karena suatu kejadian hingga akhirnya mendapatkan kembali ingatannya, Ryung berniat mencari kakak perempuannya. Namun sayang akhirnya kakak perempuannya itu dihukum gantung sebagai pancingan agar Ryung menyerahkan diri. Karena kematian kakaknya, Ryung makin berkeras membalaskan dendam keluarganya dan meminta ayah angkatnya mengajarkannya menjadi pencuri. Dengan latihan yang diajarkan oleh ayah angkatnya, Ryung menjadi pencuri kelas kakap dengan ciri khas selalu memakai pakaian hitam dan topeng serta jika sudah mencuri, dia selalu meninggalkan kertas dengan gambar bunga Mae Hwa (bunga seperti bunga sakura) sehingga dia dijuluki Iljimae. Iljimae mencuri bukan hanya dengan maksud membagikannya kepada orang miskin, namun juga untuk mencari pemilik pedang dengan simbol yang diingatnya sebagai pembunuh ayahnya.

Iljimae menyukai seorang gadis, yakni Eun Chae, yang merupakan putri dari orang yang ikut menfitnah keluarganya. Mereka pernah bertemu ketika masih kecil dan sama-sama merasakan cinta pertama. Namun, Eun Chae tidak mengetahui bahwa Iljimae ataupun Ryung adalah Geom (cinta pertamanya), namun ia menyukai Iljimae. Hingga akhir, Eun Chae tetap tidak mengetahui identitas asli Iljimae.

Mulanya Bong Soon sebal pada Ryung karena selalu bisa menebak tipuan yang dilakukannya. Namun sejak Bong Soon mengetahui bahwa Ryung adalah Geom, ia mulai menyukai Ryung. Namun sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan karena Ryung lebih menyukai Eun Chae dan hanya menganggapnya adik. Bong Soon menyukai Geom sejak kecil karena Geom pernah berusaha menyelamatkannya.

Shi Hoo sangat membenci Ryung karena ia merasa Ryung telah merebut semua miliknya. Ryung merebut Dan-ee (ibunya), merebut Swe Dol (ayahnya), dan merebut Eun Chae (gadis yang sangat dicintainya). Namun, ia akhirnya tahu bahwa dialah yang membuat ayah kandungnya (Lee Won Ho) difitnah dan kemudian dibunuh. Ia akhirnya membantu Ryung. Ia jugalah yang akhirnya membunuh Chun setelah Chun menebas Ryung dari belakang.

Film ini adalah film yang bagus, menurut aku. Kisah tragis Geom kecil bisa buat aku nangis. Apalagi waktu ayah angkatnya meninggal. Sedih banget. Tapi yang buat aku kepikiran terus adalah endingnya yang agak gantung. Setelah Iljimae ditusuk dari belakang oleh Chun, dia ga diceritain lagi gimana, tahu-tahu udah 4 tahun kemudian dan Dan-ee punya anak yang mirip banget suaminya (gigi depannya ompong). Eun Chae balik dari Jeju dan tanya kabar Ryung dan kakaknya, Shi Hoo. Trus gimana dong akhir kisah cinta Iljimae?? Eun Chae sebenernya tau ga kalau Ryung = Iljimae = Geom?? Ga diceritain, eh, tahu-tahu tamat. Nyesek nih kalo ceritanya gantung gitu. Huuuhh.. Tapi tetep aja I love this film!! Pantas banget ditonton.


Geom/Ryung/Iljimae

Karakter Utama:

Lee Jun Ki as Geom/Ryung/Iljimae
Geom mempunyai masa kecil yang tragis dimana ayahnya mati dihadapannya dan ia terpaksa melempar ibunya dengan batu untuk menyelamatkan diri. Geom dewasa berubah menjadi seorang yang ceria dan punya motivasi yang besar untuk bertahan hidup. Geom menyukai Eun Chae, namun Eun Chae tidak pernah tahu bahwa Geom adalah Iljimae




Park Shi Hoo as Ja Dol/Shi Hoo
Ja Dol adalah anak hasil perselingkuhan Lee Won Ho dengan pelayannya. Ia kemudian dibesarkan oleh ayah Eun Chae, yang mengira Ja Dol adalah anaknya. Ia menyukai Eun Chae dan merelakan jarinya dipotong menggantikan jari Eun Chae.







Han Hyo Joo as Eun Chae
Eun Chae adalah gadis yang sangat baik hati dan suka menolong orang-orang miskin. Eun Chae kecil menyukai Geom dan menganggapnya sebagai cinta pertamanya. Ia kemudian menyukai Iljimae. Namun ia tidak pernah tahu identitas Iljimae.






Lee Young Ah as Bong Soon
Gadis yang sewaktu kecil pernah ditolong oleh Geom. Ia menyukai Ryung setelah mengetahui bahwa Ryung adalah Geom. Namun cintanya bertepuk sebelah tangan karena Ryung lebih memilih Eun Chae.







Karakter lain:

Lee Moon Shik as Swe Dol (Yong’s adopted father)
Kim Sung Ryung as Dan Ee (Shi Hoo’s mother)
Lee Won Jong as Byun Shik (Eun Chae’s father)
Ahn Kil Kang as Kong He (Bong Soon’s adopted father)
Moon Ji Yoon as Dae Shi (Yong’s friend)
Kim Chang Wan as the king
Son Tae Young as Lee Yeon (Geom’s older sister)
Jo Min Ki as Lee Won Ho (Geom’s biological father)

0 comments:

Post a Comment