Award, Review about "No Regret"

Written by Yui Shinji 0 comments Posted in:

No Regret adalah film Korea Selatan pertama yang dirilis secara komersial dengan fitur yang secara langsung menunjukkan tubuh laki-laki dewasa, dan juga dianggap sebagai "The First Real Gay Korean Fiture", walaupun sebelumnya ada film Korea Selatan, seperti Road Movie yang dirilis tahun 2002, mengekspose tentang hubungan gay. Juga tahun 2005 lalu, 'The King and Clown' yang kental dengan aura homoseksualitasnya menjadi film paling laris tahun itu padahal sebagai sebuah negara yang dianggap konservatif, maka masyarakat Korea Selatan dikenal sebagai masyarakat yang cenderung homophobia. Suksesnya film bergenre gay dalam mendulang penonton, maka asumsi tersebut patut dipertanyakan. Walaupun pada kenyataanya diskriminasi masih kerap terjadi di kalangan ini, namun tidak membatasi Lee Song-hee-ill, seorang sutradara berbakat yang mengaku sebagai gay, untuk berkarya dan hasilnya adalah 'No Regret' atau 'Hoohoihaji Hanha' ini sebagai karya layar lebar perdananya yang mendapat sambutan antusias dari pemirsa Pussan International Film Festival 2006 lalu.
No Regret ini dirilis di Korea Selatan pada tanggal 16 November 2006, dan selama tayang di bioskop telah menyedot hingga 43.265 penonton, dan menjadi film independen terlaris dan top box office Korea. Bahkan film ini sudah menyedot hingga 20.000 tiket di delapan hari pertama rilis. Film ini kemudian diputar di Panorama Section dalam The 57th Berlin Film Festival (8-18 Februari 2007), dan juga bersaing di The 9th Barcelona Asian Film Festival (27 April-6 Mei 2007).

Awards

1. Sutradara No Regret yaitu Leesong Hee-il menang Best Independent Director dalam Director's CUT Awards 2006.
2. Best Film Award, Ansan International Next Film Festival
3. Best New Actor, Critics' Choice Award Korea

Reviews
1. Adam Hartzell dari koreanfilm.org mengatakan bahwa film No Regret memiliki "cerita yang menarik" dan memuji dalamnya penjiwaan yang diberikan kepada karakter-karakternya, "Salah satu aspek terbaik dari film ini adalah bagaimana kita tidak diberikan jenis-jenis karikatur Gay seperti di prime-time komedi situasi di Amerika Serikat ... Menolak untuk mengikuti jalan menuju pembebasan Queer yang didukung oleh komedi situasi tersebut, No Regret dibebaskan untuk menyediakan beberapa hal yang menyegarkan, saat moment-moment bergembira dan lucu. Film ini malah kebanyakan menarik perhatian pemirsa perempuan muda, malah beberapa di antaranya menonton film lebih dari empat puluh kali."
2. Kevin Thomas dari Los Angeles Times : "Sebuah film yang eksplosif dan tak terkekang yang menggabungkan melodrama dan pendapat sosial dalam tradisi Douglas Sirk dan khususnya R.W Fassbinder. Sebagai kisah cinta, itu bisa nyaris lebih menggelora dan sebagai uraian tentang perbedaan kelas dan kemunafikan seksual hampir tidak bisa lebih tajam - atau, lebih penting, menghibur. Tanpa gentar direktur Leesong Hee-il, sebagai debut yang menggembirakan, risiko yang mustahil dan anti-klimaks untuk ending dengan nada psikologis persuasif yang mengejutkan".
3. Derek Elley (Variety) : "Sebuah drama yang ditulis dengan matang ... dilengkapi dengan moment-moment yang menyentuh dan lucu"
4. Dave Wiegand dari San Francisco Chronicle: "Memiliki penampilan yang luar biasa .... film yang dengan indah dikontrol dan alur yang baik."
5. LMFDean9 dari Love HK Film.com: "Sebuah Gay Romance yang kuat dan emosional ... Pengarahan dan pertunjukan yang intens membuat "No Regret" salah satu drama gay terbaik yang go Asia ".
6. Padraic Maroney dari EDGE Philadelphia memberikan Grade A- sebagai A true breakthrough in Korean cinema.
7. Jeff Craig dari Sixty Second Preview: "Dengan jalinan ending yang mengejutkan dan beberapa adegan bermuatan seksual, "No Regret "adalah film yang jujur, mentah, dan direkam dengan semangat, namun ia memiliki rasa manis yang membuatnya menarik secara keseluruhan."
8. Mighty Ganesa : Sutradara Leesong Hee-il telah membuat film indah dan berani dan film yang menembus batas-batas tidak hanya dengan menggambarkan seksualitas Asia dengan jelas, masih hal yang tabu, tetapi juga antara dua laki-laki. Apa yang membuat No Regret menonjol adalah film ini menangkap sebuah kisah cinta yang sejati dan menyakitkan serta tak terlupakan, itu sepenuhnya melintasi garis gender."
9. Gary M. Kramer dari Gay City News : "Sebuah debut fitur yang menakjubkan ... yang serius, film yang melibatkan emosional dengan banyak bicara tentang kelas, seksualitas, dan cinta di Korea"
10. Peter Canavese (OutNow): "No Regret mengintensifkan emosi dan akibat perjalanan kotor dalam cerita cinta yang unik dan memuaskan"
11. Chaosisgreen : Walau 'No Regret' mengambil struktur melodrama dalam narasinya, tapi ia juga mencakup komedi segar dan kritik sosial yang mengena, khususnya terhadap sub-kultur masyarakat Korea Selatan itu sendiri. Yang paling penting Lee Song berhasil membuat cerita dengan tingkat subtilitas yang menghanyutkan dan membangun hubungan komunikasi dengan artikulasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh penontonnya. Kita sebagai pengamat karakter-karakter ini akan merasa penasaran dan ingin mengetahui kelanjutan kisah mereka.
Penggambaran homoseksualitas dalam film ini pun jauh dari gambaran streotype kaum gay yang biasa dideskripsikan oleh film-film atau sitkom Hollywood. Karakter Su Min dan Jae Min adalah laki-laki sebenarnya dengan aura maskulin yang kental (kecuali orientasi seksualnya tentu!). Mereka bukan tipe Drag Queen, Drama Queen atau tipologi queen lainnya. Sementara itu, pendekatan ala Eropa dalam film ini menyebabkan penggambaran adegan-adegan sensual yang cukup eksplisit. Cukup mengejutkan untuk film Asia seperti ini.
Jika kita mengenal kebiasan dan norma di masyarakat Korea Selatan, mungkin 'No Regret' akan mempunyai makna lebih bagi kita untuk mengapresiasinya. Namun pada intinya, 'No Regret' mengandung tema universal yan dapat dipahami secara umum. Pendekatan melodrama justru mampu menguraikan intisari yan jenial terhadap atmosfir film. Denan dukungan aktor-aktor muda yang relatif tidak terkenal justru menambah kekuatan film ini. Terlepas dari unsur homoseksualitasnya, 'No Regret' harus ditonton pagi penggila drama bermutu.


Pemain Utama "No Regret"

1. Jae Min

Jabatan : Kepala Bagian dari sebuah perusahaan konglomerat
Latar Belakang : Anak wakil direktur satu-satunya
Karakter : berhati lembut, bersembunyi dari kenyataan kehidupan yang keras, tapi cukup pragmatis untuk dipahami karena tuntutan posisinya dalam masyarakat



Kim Nam Gil dalam film ini masih menggunakan nama Lee Han. Sebelumnya dia pernah main sebagai suami Geum Soon dalam drama populer "Be Stong Geum Soon" pada tahun 2005. Walaupun tampil hanya dalam beberapa episode awal, namun Kim Nam Gil dalam drama ini meninggalkan kesan yang kuat dalam mainstream Korea. "No Regret" adalah film debut pertamanya. Kim Nam Gil berkata "Cerita yang dramatis bagiku sangat menarik". "Berakting dalam peran ini lebih sulit dari yang kukira, tetapi aku sangat ingin menyentuh hati para penonton" tambahnya. Sutradara, Leesong Hee-il memuji akting Lee Han (Kim Nam Gil) karena dia mampu tenggelam dalam karakternya. Seseorang yang juga melihat potensi Kim Nam Gil adalah pembuat naskah Noh Hee Kyung, yang sebelumnya memilih sejumlah bintang dengan akting yang lebih substansial dan berpengalaman. Melalui drama TV "Good Bye Solo" (2006), kritikus mngungkapkan bahwa Lee Han berhasil mendalami perannya - sebagai seorang penjahat yang mengalami kesedihan - dengan penuh ketulusan. Dia juga tertarik dengan penampilan panggung musikal.

2. Su Min
Pekerjaan : mantan pekerja pabrik dan pencuci piring, kemudian menjadi gigolo paling laris di sebuah "Gay Bar"
Latar Belakang : yatim piatu dari sebuah panti asuhan di luar Seoul
Karakter : pasrah, suka merenung, naif. Keberaniannya berasal dari fakta bahwa ia tak punya apa-apa untuk kehilangan.


Lee Young Hoon aktor berbakat yang diberkahi dengan kemampuan seperti bunglon untuk mengubah dirinya ke dalam peran apa pun. Pengalaman akting Lee Young Hoon sebelumnya hanya di film pendek dari Leesong Hee-il "Good Romance", yang membawa perhatian di festival-festival film baik dari dalam dan luar Korea. Tetapi gairahnya dalam akting luar biasa. "Tidak mudah untuk benar-benar mengerti tentang homoseksual" kata Lee Young Hoon. "Tetapi aku melakukan apa yang aku bisa untuk menjadi satu-satunya yang bisa mengekspresikan karakter Su Min" lanjutnya. Aktor muda yang berani ini, ia dicasting karena kepercayaan dari sutradara Leesong Hee-il, yang telah mengamati talentanya sejak lama.

Kim Nam Gil saat di Opening Pusan Internasional Film Festival (PIFF) 2006

Ini foto Kim Nam Gil (Lee Han) saat hadir di pembukaan Festifal Film Internasional Pusan pada tanggal 12 Oktober 2006 lalu juga dalam rangka mempromosikan film No Regret.


Deleted Scene

Mungkin yang pernah menonton dan terkesan dengan film ini harus nonton scene yang sengaja dipotong di No Regret (Mungkin karena kelebihan waktu durasi kali ya...(^m,^))
Di sini adalah adegan waktu Su Min menemani Jae Min olahraga menembak terus juga adegan Jae Min megang pipi Su Min (jujur waktu liat serasa pengen teriak sambil senyum-senyum sendiri he..he..he..)


"No Regret"'s Poster Shooting

Ini video waktu Lee Young Hoon dan Kim Nam Gil pengambilan gambar buat poster "No Regret". Hem... (^__^) setelah lihat video ini, Oppa emang cocok pake poni .... Tapi jadi cemburu nih sama Su Min (untung cuma trik kamera he..he..he..).

Kim Nam Gil Interview "No Regret"

Di video ini, Kim Nam Gil menceritakan tentang karakternya serta pengalamannya sebagai Jae Min di No Regret kayak pengalaman menembak dengan pistol beneran, adu akting dengan Lee Young Hoon (Su Min), juga kesan-kesannya bekerja sama dengan sutradara Leesong Hee-il.

0 comments:

Post a Comment