“Redundant” dinyanyikan oleh seorang penyanyi China, Ray Cho, yang rencananya akan dirilis pada 18 Juli besok, telah menyebar di internet. Setelah mendengar lagu tersebut, fans menjadi marah karena lagu tersebut adalah lagu remake (daur ulang) dari lagu TVXQ, “Wasurenaide”.

Penyanyi asli “Wasurenaide” adalah TVXQ dan merupakan lagu yang ada di dalam album Jepang ke 4 mereka, “The Secret Code”. JYJ’s Jaejoong yang menulis lirik dan juga mengambil bagian dalam menciptakan musik untuk lagu tersebut. Fans marah karena lagu tersebut di remake tanpa persetujuan dari Jaejoong dimana hal tersebut adalah pelanggaran atas hak cipta.

Untuk menanggapi kontroversi ini, Ray Cho telah menulis sebuah pernyataan melalui Weibo nya untuk meminta maaf dan pengertian. Dia juga menulis bahwa perilisan lagu tersebut akan ditunda sampai adanya persetujuan dari Jaejoong. Berikut ini adalah pernyataan yang ditulis Ray Cho:

Hai semuanya, Aku adalah Zuo Qi Bo. Tolong beri Aku kesempatan untuk mengklarifikasi semua masalah ini.

Mengenai bocornya lagu “Redundant” di internet dan menyebabkan ketidaksenangan fans TVXQ karena mendaur ulang lagu Jepang “Wasurenaide” yang ditulis dan diciptakan oleh penyanyi Korea Kim Jae Joong, Aku sangat minta maaf.

Aku tahu bahwa lagu tersebut membawa banyak cerita dan kenangan dan kepercayaan bahwa Aku akan bergabung dengan keluarga besar kalian, karena Aku sama dengan kalian semua, menyukai Kim Jae Joong, menyukai talenta dan vokalnya. Kim Jae Joong juga adalah idola dan panutan ku. Oleh karena itu, kami akan akan menyelesaikan masalah untuk lagu “Redundant” ini, dan kami akan mencoba untuk melakukan kesepakatan dengan Kim Jae Joong sendiri. Cassiopeia, silakan menrasa nyaman/tenang dulu! Lagu ini akan ditunda dan tidak akan dirilis atau dinyanyikan sampai kesepakatan terjadi.

Selain itu, berkaitan dengan “Redundant”
Composed by: Kim Jaejoong
Remake Lyrics by: Zuo Qi Bo/Wei Su
OT: Wasureinaide
Kejadian ini adalah sesuatu yang tidak Aku bayangkan dan merupakan kurangnya perhatian/pertimbangan terhadap perasaan fans TVXQ. Aku ingin meminta maaf sekali lagi!!! Semoga Aku bisa menerima maaf dari kalian!!!

Di sisi lain, kejadian ini tidak ada sangkut pautnya dengan Tian Yu Media, Avex Music (Avex China), dan SM Entertainment, ini bukan penjualan lagu Jaejoong oleh Avex, seperti yang dikatakan orang-orang.

Aku harap semuanya bisa mengerti. Tolong jangan menyalahkan perusahaan yang tidak terkait, kalian bisa menyalahkanku atas segalanya. Karena Aku memilih untuk menyanyikan lagu ini sehingga Aku yang seharusnya bertanggungjawab. Kami akan menjamin hak-hak pencipta dan menghargai hak ciptanya! Aku sangat menyesal karena menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah! Aku tidak berpikir panjang saat melakukan ini! Mohon maaf!

Terima kasih! Semoga semuanya bisa memberiku sebuah kesempatan lagi! Tolong jangan lanjutkan masalah ini lagi!

Meski Ray Cho bekerja dengan Avex China dan Jaejoong di bawah Avex Jepang saat lagu ini dirilis, apakah Avex bisa mengklaim pekerjaan (lagu) Jaejoong sebagai milik Avex dan membolehkan Ray untuk menyanyikannya masih dipertanyakan. Menurut Japanese Society for Rights of Authors, Composers and Publishers (JASRAC), Jaejoong dengan jelas dinyatakan sebagai pemilik lagu untuk “lirik” dan “musik”.

0 comments:

Post a Comment