“Boyband Terbesar di Dunia” DBSK & JYJ

Written by Yui Shinji 0 comments Posted in:

http://3.bp.blogspot.com/_NjqlVSqYfOU/TMREIcdbLwI/AAAAAAAAAlk/pP7VvtP_AXc/S748/DBSK+Always+Keep+The+Faith.jpg

http://www.askactor.com/images/casts/Korea/8503/TVXQ_1.jpg

Siapa boyband dengan fans terbanyak di dunia? Backstreet Boys? Nsync? Boyzone? Take That? Menurut catatan Guiness World Records, boyband yang punya penggemar paling banyak di dunia ternyata bukan berasal dari Amerika atau Eropa, melainkan Asia. Tepatnya Korea.

Perkenalkan, DBSK/TVXQ & JYJ.
Grup beranggotakan U-Know, Jaejoong, Yoochun, Junsu dan Changmin ini pertama kali terjun ke dunia musik tahun 2003 lewat sebuah boyband bernama TVXQ. Tak butuh waktu lama bagi mereka untuk meraih kesuksesan. Bukan hanya di Korea, tapi juga di Jepang, Amerika, dan negara-negara Asia lainnya.

Semakin besar nama TVXQ, semakin membludak pula jumlah penggemar mereka, hingga akhirnya pada April 2006 dibentuklah Cassiopeia, fanclub resmi TVXQ. Tak kurang dari 800 ribu orang mendaftar untuk jadi anggota Cassiopeia melalui sebuah situs hiburan Korea. Karena situs ini sulit diakses dari luar Korea, penggemar di Jepang membentuk Big East, fanclub yang menampung para penggemar dari negara-negara selain Korea. Sampai 2007, fanclub ini sudah memiliki 500 ribu anggota yang terdiri dari lima benua, dengan anggota terbanyak berasal dari Jepang, Cina, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

800 ribu anggota fanclub di Korea, 500 ribu anggota fanclub dari luar Korea, dan entah berapa ribu penggemar yang tak terdaftar dalam fanclub. Bisa dibayangkan berapa jumlah total fans mereka di seluruh dunia. Inilah yang membuat nama grup ini masih belum tergeser dari Guiness World Record sebagai boyband dengan penggemar terbanyak.

Awal 2010, 3 anggota mereka yaitu: Jaejoong, Yoochun, dan Junsu menuntut SM Entertainment — label rekaman mereka — karena kontrak yang dijalin dengan TVXQ dianggap tak adil dan merugikan para personilnya. Akhirnya tiga orang ini memutuskan untuk meninggalkan SM Entertainment dan membentuk grup baru yang diberi nama sesuai inisial masing-masing personil: JYJ.

Dan jutaan fans mereka pun masih setia mengikuti. Terbukti dengan tiket konser mereka yang selalu terjual habis dalam hitungan hari. Label harus menghentikan pre-order album perdana mereka karena permintaan terlalu banyak dan tak dapat mereka penuhi. Bahkan majalah Billboard sempat memasang wajah JYJ sebagai sampul, dan majalah itu langsung ludes hanya dalam waktu 24 jam!

Popularitas JYJ makin memuncak saat mereka berkesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan artis hiphop Amerika, Kanye West dan Rodney Jerkins.

“Saya senang sekali bisa bekerja bareng JYJ di album perdana mereka. Saat ini, semua serba Barat campur Timur, dan dunia jadi tempat percampuran segala budaya. Saya dan Kanye West merasa terhormat karena kami seakan menyatukan dunia dengan bahasa universal, yaitu musik. Kami punya kesempatan untuk memperkenalkan satu artis besar dari belahan dunia yang lain, dan menjadikannya besar di Amerika. Proyek ini sangat spesial bagi kami, ujar Rodney Jenkins.

0 comments:

Post a Comment