K-Pop telah menjadi fenomena dunia tahun lalu, dan hal itu jelas terlihat dalam jumlah total viewers video K-Pop yang telah dihasilkan selama tahun lalu di YouTube.

Hal itu dilaporkan media setempat hari ini oleh Joong Ang Il bo bahwa video K-Pop telah dilihat hampir 2,3 miliar kali di seluruh dunia dalam satu tahun terakhir, dan memecahkan rekor tahun sebelumnya yaitu 800 juta penonton dan ini hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

Menurut laporan tersebut, JoongAng Il bo memperoleh dari YouTube, K-Pop musik dan video yang dilihat 2,28 miliar kali dari 235 negara selama periode 1 Januari-5 Desember.

Klik terbanyak berasal dari Jepang dimana video K-Pop dilihat lebih dari 423 juta kali, diikuti oleh AS dengan 240 juta penonton. Thailand diposisi ketiga dengan 220 juta penonton, serta Taiwan dan Vietnam di posisi # 4 dan # 5 dengan 180 juta dan 170 juta penonton.
Beberapa negara aneh dalam daftar teratas adalah U.A.E, yang menghasilkan 4,8 juta penonton, dan Kuwait dengan 1,7 juta , ini membuktikan bahwa K-Pop telah memasuki pasar Timur Tengah .

Korea Utara juga melihat K-Pop sebanyak 188 kali melalui YouTube .

“Tahun 2011 adalah tahun pertama ketika K-Pop benar-benar memantapkan dirinya sebagai tren global, bukan sebuah trend sementara. Pada 2012, K-Pop akan terus bertambah pengaruhnya di seluruh dunia, “kata Google Korea.

Bahkan, YouTube telah meluncurkan Page K-Pop tersendiri bulan lalu, menjadikannya salah satu dari 23 genre musik yang ditampilkan secara terpisah.

Dengan bantuan dari YouTube dan SNS , K-Pop telah mampu mencapai target pasar AS , yang melihat tingkat pertumbuhan tertinggi tahun lalu jumlah penonton.

Pasar Eropa juga melihat pertumbuhan besar di YouTube seperti Perancis, Inggris, dan Jerman semua yang menghasilkan lebih dari 20 juta klik.

“Pasar AS dan Eropa mulai terbuka. Tiga label besar telah terdaftar di pasar KOSDAQ tahun lalu, sehingga proyeksi bisnis mereka mencari yang baik juga, “ kata kritikus musik Lee Dae Hwa.

0 comments:

Post a Comment